Kamis, 21 Juni 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Fisika

Sekolah        : SMA ………………
Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran    : FISIKA
Alokasi Waktu    : 3 x 45 menit

Standar Kompetensi
4.     Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi.

Kompetensi Dasar
4.1  Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda.
2.    Menganalisis pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian).
3.    Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
    Menjelaskan pengertian suhu.
    Menjelaskan tubuh bukan pengukur suhu yang baik.
    Menjelaskan prinsip kerja termometer.
    Menjelaskan pengertian sifat termometrik.
    Menyebutkan beberapa contoh sifat termometrik.
    Menyebutkan beberapa skala termometer.
    Menjelaskan hubungan skala suhu Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin.
    Menentukan skala umum dari berbagai skala termometer.
    Menyebutkan beberapa jenis termometer.
    Membuat termometer sederhana.
    Menjelaskan pengertian kapasitas kalor.
    Menjelaskan pengertian kalor jenis.
    Menjelaskan proses pemuaian.
    Membedakan pemuaian panjang, luas, dan volum.
    Menjelaskan hubungan antara koefisien muai panjang, luas, dan volum.
    Membedakan wujud gas, cair, dan padat.
    Menjelaskan perubahan wujud zat.
    Membedakan kalor laten peleburan dan kalor laten penguapan.
    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan wujud zat.

    Karakter siswa yang diharapkan  : 
    Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
    Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
    Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
`    Suhu, Kalor, dan Perubahan Wujud

C. Metode Pembelajaran
1.    Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                   -  Cooperative Learning tipe NHT (Number Head Together)
         2.  Metode  :  -  Diskusi kelompok
                              -  Ceramah


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka    Terstruktur    Mandiri
•    Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat.        Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda.        Siswa dapat  Menganalisis pengaruh kalor pada suhu, ukuran benda, dan wujudnya dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)
•    Motivasi dan Apersepsi:
    Sebutkan beberapa contoh sifat termometrik.
    Satuan apakah yang digunakan untuk skala termodinamika?
•    Prasyarat pengetahuan:
    Apakah yang dimaksud dengan sifat termometrik?
    Bagaimana hubungan skala Celcius dan Kelvin?
b. Kegiatan Inti (115 menit)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    Peserta didik mendengarkan gambaran umum tentang pengertian suhu oleh guru.
    Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai tubuh bukan pengukur suhu yang baik.
    Peserta didik memperhatikan prinsip kerja termometer yang disampaikan oleh guru.
    Peserta didik dibagi dalam kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 4 orang.
    Setiap siswa dalam kelompok diberi nomor 1-4 dengan 4 materi berbeda, yaitu pengertian sifat termometrik, contoh sifat termometrik, hubungan antara skala suhu celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin serta jenis-jenis thermometer.
    Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya bagian materi sesuai nomor yang telah diberikan
    Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
    Tanggapan dari teman-teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain. Begitu seterusnya hingga semua materi dibahas.
    Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
    Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan skala umum dari berbagai skala termometer.
    Peserta didik memperhatikan contoh soal menghitung skala suhu Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin yang disampaikan oleh guru.
    Guru memberikan beberapa soal menghitung skala suhu Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin untuk dikerjakan peserta didik.
    Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
    Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan beberapa jenis termometer.
    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
          c. Kegiatan Penutup ( 15 menit)
    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
    Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
    Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal




PERTEMUAN KEDUA
    a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
•    Motivasi dan Apersepsi:
    Apakah kapasitas kalor merupakan sifat spesifik dari suatu zat?
    Adakah hubungan antara koefisien muai panjang, luas, dan volum?
    Prasyarat pengetahuan:
    Apakah yang dimaksud dengan kapasitas kalor?
    Bagaimana terjadinya proses pemuaian?
    b. Kegiatan Inti (115 menit)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    Peserta didik mendengarkan gambaran umum tentang pengertian kapasitas kalor dan oleh guru.
    Peserta didik dibagi dalam kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 4 orang.
    Setiap siswa dalam kelompok diberi nomor 1-4 dengan 4 materi berbeda, yaitu : pengertian kalor jenis; proses pemuaian; perbedaan pemuaian panjang, luas dan volume; hubungan antara  koefisien muai panjang, luas dan volume.
    Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya bagian materi sesuai nomor yang telah diberikan
    Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
    Tanggapan dari teman-teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain. Begitu seterusnya hingga semua materi dibahas.
    Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
    Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi kalor yang disampaikan oleh guru.
    Guru memberikan beberapa soal menentukan energi kalor untuk dikerjakan peserta didik Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan pemuaian panjang, luas, dan volum yang disampaikan oleh guru.
    Guru memberikan beberapa soal menentukan pemuaian panjang, luas, dan volum untuk dikerjakan peserta didik.
    Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
         c. Kegiatan Penutup (10 menit)
    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
    Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
    Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KETIGA

a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
    Motivasi dan apresepsi:
    Apakah wujud suatu zat dapat berubah?
    Prasyarat pengetahuan:
    Faktor apakah yang mempengaruhi perubahan wujud suatu zat?
b. Kegiatan Inti (115 menit)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    Peserta didik diberikan gambaran umum oleh guru mengenai perbedaan wujud gas, cair, dan padat baik secara makroskopis maupun mikroskopis.
    Peserta didik dibagi dalam kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 4 orang.
    Setiap siswa dalam kelompok diberi nomor 1-4 dengan 4 materi berbeda, yaitu : Perubahan wujud zat dan aplikasinya; factor-faktor yang mempengaruhi perubahan wujud zat; kalor laten; perbedaan kalor laten peleburan dan kalor laten penguapan.
    Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya bagian materi sesuai nomor yang telah diberikan
    Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
    Tanggapan dari teman-teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain. Begitu seterusnya hingga semua materi dibahas.
    Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
    Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kalor yang diperlukan untuk mengubah suatu zat yang disampaikan oleh guru.
    Guru memberikan beberapa soal menentukan kalor yang diperlukan untuk mengubah suatu zat untuk dikerjakan peserta didik.
    Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
     c. Kegiatan Penutup (10 menit)
    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
    Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
    Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman 61-102
 b. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
         a. Teknik Penilaian:
                    -  Tes tertulis      
          b. Bentuk Instrumen:
-    Tes PG
-    Tes isian
-    Tes uraian
          c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Air sebanyak 100 gram yang memiliki temperatur 250C dipanaskan dengan energi sebesar 1000 kalori. Jika kalor jenis air 1 kal/g0C, temperatur air setelah pemanasan tersebut adalah …
    A. 25 0C    D. 40 0C
     B. 30 0C    E.  45 0C
     C. 35 0C
    -  Contoh tes isian
Sebatang aluminium memiliki luas 100cm2. jika batang alimanium itu dipanaskan mulai dari 00C hingga 300C, berapakah perubahan luas setelah terjadi pemuaian?
- Contoh tes uraian
Berapakah besarnya kalor yang dibutuhkan untuk mencairkan es sebanyak 500 grampada temperatur 00C menjadi cair seluruhnya yang memilki temperatur 100C ? diketahui kalor laten peleburan es menjadi air sebesar 80 kal/g.
Mengetahui
Kepala SMA/MA                        Guru Mata Pelajaran



............................                        ...................................
NIP/NIK.                            NIP/NIK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah        : SMA ……………….
Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran    : FISIKA
Alokasi Waktu    : 3 x 45 menit

Standar Kompetensi
           4.       Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai             perubahan energi.

Kompetensi Dasar
          4.2.  Menganalisis cara perpindahan kalor.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi.
2.    Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konveksi.
3.    Menganalisis perpindahan kalor dengan cara radiasi.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan pengertian kalor.
2.    Menyebutkan cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Menjelaskan pengertian konduksi.
4.    Menyebutkan contoh perpindahan kalor secara konduksi dalam kehidupan sehari-hari.
5.    Menentukan laju perpindahan kalor secara konduksi.
6.    Menjelaskan pengertian konveksi.
7.    Menyebutkan contoh perpindahan kalor secara konveksi dalam kehidupan sehari-hari.
8.    Menentukan laju perpindahan kalor secara konveksi.
9.    Menjelaskan pengertian radiasi.
10.    Menyebutkan contoh perpindahan kalor secara radiasi dalam kehidupan sehari-hari.
11.    Menentukan laju perpindahan kalor secara radiasi.





    Karakter siswa yang diharapkan  : 
    Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
    Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
    Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
          Perpindahan Kalor

C. Metode Pembelajaran
     1.   Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                    -  Cooperative Learning Tipe NHT (Number Head Together)
          2.   Metode :  -  Diskusi kelompok
                    -  Ceramah

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka    Terstruktur    Mandiri
    Menganalisis cara perpindahan kalor        Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai perpindahan kalor        Siswa dapat  Menyebutkan contoh perpindahan kalor secara radiasi dalam kehidupan sehari-hari.

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
    Motivasi dan Apersepsi:
    Sebutkan contoh perpindahan kalor secara konduksi dalam kehidupan sehari-hari.
    Faktor apakah yang mempengaruhi laju perpindahan kalor secara konveksi?
    Prasyarat pengetahuan:
    Apakah yang dimaksud dengan konduksi?
    Apakah yang dimaksud dengan konveksi?
b. Kegiatan Inti (115 menit)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
    Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang
    Tiap anggota kelompok diberi nomor 1-4.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    Setiap anggota kelompok diberikan bahan materi untuk dibahas, yaitu : pengertian konduksi; contoh konduksi dalam kehidupan sehari-hari; pengertian dan konveksinya; pengertian radiasi dan contohnya.
    Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya bagian materi sesuai nomor yang telah diberikan
    Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
    Tanggapan dari teman-teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain. Begitu seterusnya hingga semua materi dibahas.
    Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
    Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perumusan dalam menentukan laju perpindahan kalor secara konveksi dan radiasi.
    Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan laju perpindahan kalor secara konveksi dan radiasi yang disampaikan oleh guru.
    Guru memberikan beberapa soal menentukan laju perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi untuk dikerjakan oleh peserta didik.
    Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

c. Kegiatan Penutup (10 menit)
    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
    Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
    Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman 102-118
 b.  Buku referensi yang relevan
             c.  Lingkungan
    F. Penilaian Hasil Belajar
         a. Teknik Penilaian:
                     -  Tes tertulis
          b. Bentuk Instrumen:     -  Tes PG,    -  Tes isian,     -  Tes uraian
                c. Contoh Instrumen:


-  Contoh tes PG
Jika suhu benda dinaikkan menjadi dua kalinya, maka daya kalor yang dipindahkan secara radiasi berubah menjadi ....
 A. dua kali lebih besar
 B. empat kali lebih besar
 C. delapan kali lebih besar
 D. enam belas kali lebih besar
 E. tiga puluh dua kali lebih besar
-  Contoh tes isian
Batang logam dengan panjang 2 meter, memiliki luas penampang 20 cm2 dan perbedaan temperatur kedua ujungnya 500C. Jika koefisien konduksi termalnya 0,2 kal/mc0C, tentukan jumlah kalor yang dirambatkan per satuan luas per satuan waktu.
-  Contoh tugas rumah
Sebuah pendingin berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm digunakan untuk menahan suhu es tetap berada pada kisaran -4 0C dan 0 0C. Ketebalan dinding pendingin ini 5 cm dan terbuat dari plastik dengan nilai konduktivitas termal 0,033 W /m 0K. Jika suhu lingkungan di sekitar lemari pendingin 30 0C. Tentukan laju kalor yang masuk ke pendingin.







                                      ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                        Guru Mata Pelajaran



............................                        ....................................
NIP/NIK.                            NIP/NIK.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah        : SMA .......................
Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran    : FISIKA
 Alokasi Waktu    : 3 x 45 Menit

Standar Kompetensi
 4.       Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai         perubahan energi.

Kompetensi Dasar
          4.3.   Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas.
2.    Menerapkan asas Black dalam peristiwa pertukaran kalor.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.    Menyebutkan asas Black.
2.    Menyebutkan syarat terjdinya penerapan asas Black.
3.    Membedakan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas.
4.    Menjelaskan aplikasi asas Black dalam kehidupan sehari-hari.
    Karakter siswa yang diharapkan  : 
    Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
    Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
    Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
    Asas Black

C. Metode Pembelajaran
     1.   Model   : -  Direct Instruction (DI)
                   -  Cooperative Learning tipe Jig Saw
          2.   Metode : -  Diskusi kelompok
                    -  Ceramah
                   

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka    Terstruktur    Mandiri
    Menganalisis prinsip pertukaran kalor, asas Black, dan kalor jenis zat dalam diskusi kelas.        Menerapkan asas Black dalam peristiwa pertukaran kalor.        Siswa dapat  Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan ( 15 Menit)
    Motivasi dan Apersepsi:
    -   Apakah syarat terjadinya penerapan asas Black?
    Prasyarat pengetahuan:
     -   Sebutkan bunyi asas Black?
b. Kegiatan Inti (110 menit)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
    Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
    Tiap Kelompok terdiri dari 4 orang
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
    Peserta didik diberikan gambaran umum mengenai asaz Black.
    Setiap anggota kelompok diberikan materi yang berbeda, yaitu: bunyi asaz Black; perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas;  aplikasi asas Black dalam kehidupan sehari-hari; persamaan asaz Black.
    Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/ sub bab yang sama bertema dengan kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.
    Setelah selesai diskusi dengan team ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
    Tiap team ahli mempresentasikan hasil diskusi.
    Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
    Peserta didik memperhatikan penerapan asas Black untuk menyelesaikan soal analisis dan soal hitungan yang disampaikan oleh guru.
    Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai penerapan asas Black yang disampaikan oleh guru.
    Guru memberikan beberapa soal mengenai penerapan asas Black untuk dikerjakan oleh peserta didik.
    Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
c. Kegiatan Penutup (10 menitt)
    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
    Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
    Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA dan MA Jl.1B (Esis) halaman 85-87
 b.  Buku referensi yang relevan
    c.  Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
         a. Teknik Penilaian:
    Tes tertulis
          b. Bentuk Instrumen:
    Tes PG
    Tes uraian
                c. Contoh Instrumen:
 -  Contoh tes PG
Sebongkah es dimasukkan ke dalam wadah berisi air panas sehingga seluruh es mencair. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ....
 A. es menerima kalor dan air melepaskan kalor
 B. air menerima kalor dan es melepaskan kalor
 C. es dan air sama-sama melepaskan kalor
 D. es dan air sama-sama menerima kalor
 E. es dan air tidak menerima dan juga tidak melepaskan kalor
-  Contoh tes uraian
Sebongkah es (massa 40 g) didinginkan hingga -78 0C. Lalu, es tadi dimasukkan ke dalam 560 g air yang berada pada 80 g wadah tembaga. Suhu awal air = 25 0C. Tentukan suhu akhirnya. Jika semua es tidak mencair, tentukan massa es yang tersisa.Kalor jenis es = 2.090 J / kg 0C.






                                         ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA/MA                         Guru Mata Pelajaran



............................                         ..................................
NIP/NIK.                             NIP/NIK.           


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar