Sekolah : SMP ………………
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / Semester II
Mata Pelajaran :
FISIKA
Alokasi Waktu :
2 x 40 Menit
Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha,
gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
5.5 Menyelidiki tekanan pada
benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menentukan hubungan antara
gaya, tekanan dan luas daerah yang dikenai gaya.
- Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair dan gas pada peristiwa alam yang relevan
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
l Menjelaskan
apa yang dimaksud dengan gaya
l Menjelaskan
apa yang dimaksud dengan luas
l Menemukan
hubungan antara gaya, tekanan dan luas bidang yang dikenai
gaya.
l Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi besar tekanan pada zat padat
l Memformulasikan
rumus tekanan
● Menghitung tekanan pada suatu luasan tertentu
l Menjelaskan penerapan tekanan
dalam kehidupan sehari-hari
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
B. Materi Pembelajaran
` Tekanan pada
benda padat
C. Metode Pembelajaran
1. Model : -
Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning tipe STAD
- Demonstrasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa
memotong buah dengan pisau tajam lebih mudah daripada menggunakan pisau yang
tumpul?
- Mengapa terasa
lebih sakit jika kita berjalan dengan menggunakan kaki telanjang pada tanah
yang berkerikil daripada lantai yang licin?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan gaya?
- Bagaimana
rumus luas?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l
Tiap kelompok terdiri dari
4 orang.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Guru mendemonstrasikan perbedaan tekanan pada 2 benda
dengan luas penampang berbeda, yaitu penutup pulpen dan ujung pulpen.
l
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai pengertian
gaya, luas, tekanan.
l
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai
hubungan antara gaya, luas dan tekanan.
l
Guru memberikan beberapa materi kepada masing-masing
kelompok untuk dibahas, yaitu: satuan dari gaya, satuan luas dan satuan tekanan
l
Salah seoran gpeserta didik
mempresentasikan hasil diskusinya.
l
Peserta didik lain
menanggapi jawaban temannya.
l
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
l
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi besar tekanan
pada zat padat.
l
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
rumus tekanan dan contoh soalnya.
l
Guru
memberikan beberapa soal menghitung tekanan
untuk dikerjakan peserta didik.
l
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
l
Peserta didik menjelaskan tentang aplikasi tekanan pada
benda padat dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
l Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui
l Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
c. Kegiatan Penutup
l Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh
guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah
berupa latihan soal
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMP Jl. 2B
(Erlangga) hal. 91-96
b. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
-
Tes
isian
-
Tes
uraian
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Sebuah peti terletak di
atas lantai. Berat peti 13,6 Newton. Penampang
alas berukuran 45 cm x
60 cm. besar tekanan peti terhadap lantai
adalah …
a. 40 N/
b. 45 N/
c. 50 N/
d. 60 N/
-
Contoh tes isian
Besarnya gaya
yang bekerja pada daerah seluas 200
agar menghasilkan tekanan 30 Pa adalah ....
-
Contoh tes uraian
Hitunglah
berapa tekanan maksimum yang dapat dikerjakan balok pada tanah jika ukuran
balok tersebut adalah 4 dm x 5 dm x 10 dm!
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
............................ ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar